Apa Saja Manfaat SEO untuk Bisnis?


Sekarang kita akan membahas apa sih manfaat SEO untuk bisnis? Nah, dalam hal iki kita akan membahas tentang optimasi mesin pencari dalam arti yang akan kita optimasi adalah objek dagangan yang akan kita jual, entah itu barang maupun jasa.

Bagi seorang pembisnis, promosi merupakan hal yang sangat pokok. Bahkan dalam sebuah artikle yang pernah saya baca, perusahaan rokok terkemuka di Indonesia menghabiskan 85% dananya untuk kepentingan promosi, sedangkan 15% lainnya untuk produksi. Sungguh sangat mengejutkan bukan? Hanya untuk sebuah kepupeleran sebuah produk agar dikenal banyak orang, seorang pembisnis bisa menghabiskan dana yang cukup besar.

Sedangkan di era modern yang serba canggih saat ini, untuk menjadi populer caranya cukup mudah. Cukup anda nangkring di youtube dengan gaya yang tidak biasa, atau bahkan menyimpang anda bisa langsung akan langsung terkenal dalam hitungan hari (Saya tidak menyarankan hal seperti ini loh..!)

Kembali lagi ke dunia marketing.. untuk memasarkan produk anda menjadi dikenal oleh banyak orang tidak perlu repot2 lagi. Sekarang sudah banyak penyedia jasa layanan jual beli yang memiliki kualitas bagus. Terutama jika bisnis anda adalah usaha pribadi yang anda kelola. Sebenarnya tidak terlalu penting anda memiliki website kualitas bagus dengan pagerank sekian dengan biaya pembuatan jutaan rupiah, jika anda hanya memasarkan "selimut tidur" misalnya.. atau "kaos jokowi" misalnya.. Cukup posting kaskus, atau tokobagus.com selesai kan urusannya? Orang gak akan peduli darimana dia dapatkan info barang yang dicari, jika memang butuh ya bakal dia tanyakan. Betul?

Tetapi memang, dalam bisnis tertentu ada kalanya kita membutuhkan untuk mempunyai sebuah website yang berkelas. Misalnya saja kita mempunya sebuah toko baju terkenal di kota A, tentu orang akan berburu baju yang diinginkan dengan membuka katalog dan berbagai jenis koleksi yang kita punya. Kalau jenisnya banyak dan bervariasi tentu sangat perlu mempunya "rumah" sendiri, kitapun akan dimudahkan jika ada jenis2 dagangan stock terbaru.

Dari penjabaran diatas, tentu tidak ada artinya tanpa ilmu SEO seperti yang telah dijelaskan pada tips mudah belajar SEO kemarin. Dalam hal ini, ilmu marketing SEO tidak hanya terbatas pada optimasi website.. Apapun dapat kita optimasi.. facebook dapat kita optimasi menjadi halaman pertama google, twitter, kaskus, tokobagus.com, dan blogspot, wordpress, dan semua media yang dalam kategori "tanpa modal" semuanya dapat kita optimasi menjadi halaman pertama google.

Untuk ilmu SEO akan kita bahas selanjutnya pada postingan berikutnya.. See you..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar